Ketika sedang berbincang bincang dengan salah satu engineering sebuah hotel di Jakarta. Ia bercerita bahwa lift di hotel nya bisa “bergerak sendiri” ketika malam hari (menjelang subuh).
Tentu saja respon pertama adalah apakah ada “sesuatu” yang menggerakan lift tersebut. Kemudian ia menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan salah satu fitur dari lift tersebut dan hal tersebut sudah dijelaskan oleh vendor lift nya.
Setelah bongkar bongkar brosur dan mencari apa maksud dari self check operation at night, akhirnya saya menemukan jawabannya. Di situ tertulis bahwa lift di setting untuk melakukan diagnosis terhadap fungsi dari rem, dan pintu disaat keaadaan sepi. Biasanya dilakukan pada waktu jam 12 malam. Dimana lift akan berjalan sendiri dan berhenti di setiap lantainya.
Jadi ketika anda mendengar cerita bahwa ada lift yang berjalan sendiri jam 12 malam, jangan takut dahulu. Mungkin lift tersebut sedang melakukan pemeriksaan rutin.
Titian Pramudya

kasus hotel victor colorado itu apa seperti ini?
Rasanya bukan… yang ini murni karena software…